Minggu, 21 Oktober 2012




SMP NEGERI 2 BARAT
KEBANGAAN MASYARAKAT


SMP Negeri 2 Barat berdiri pada tanggal 15 September tahun 1967, diatas lahan seluas 6.175 m2. Pada awal berdirinya adalah Sekolah Teknik (ST). Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan, pada tahun 1981 berubah menjadi SMP Negeri 2 Barat. Secara geografis, Sekolah ini terletak di Kecamatan Barat, Kecamatan paling ujung dari Kabupaten Magetan (Perbatasan Kabupaten Magetan dengan Kabupaten Madiun) tepatnya di Jl. Raya Tebon, Barat, Magetan, 20 km dari pusat Kota Magetan.
Sejak perubahan status pada tahun 1981 sampai sekarang, SMP Negeri 2 Barat telah mengalami perubahan dan pergantian Kepala Sekolah;
Suwarno HS.                           1981 – 1983
Muhamad Nur Gianto            1983 – 1985
Drs. Sunu Wahyu                   1985 – 1991
Amad                                       1991 – 1994
Sarno                                       1994 – 1998
Sudjarwo, B.A                        1998 – 1999
J. Dasuki                                  1999 – 2000
Sukarno, S.Pd                         2000 – 2004
Sarman, S.P                             2004 – 2005
Dra. Sri Mulyati, M.Pd 2005 – Sekarang


Dra. Sri Mulyati, M.Pd, ibarat seorang Kartini di era Millenium. Jauh sebelum menjadi Kepala Sekolah Beliau adalah seorang guru yang patut digugu dan ditiru, sekaligus ibu rumah tangga bagi keluarga. Sebagai ibu rumah tangga yang tidak lepas dari berbagai aktivitas keluarga dan tanggungjawab untuk mendidik putra-putri beliau, Bu Sri (demikian beliau akrab disapa), tetap energik dalam menjalankan profesinya sebagai Abdi Negara. Sejak mengawali karir sebagai seorang guru beliau dikenal sebagai pribadi yang santun , lemah lembut, rajin dan disiplin. Kepribadian yang sampai saat ini tetap ada, dan telah melekat pada figur beliau. Terbukti dengan terbentuknya Tim Kerawanan Siswa di awal kepemimpinan beliau. Tim Kerawanan Siswa beranggotakan 12 guru. Setiap harinya dua orang guru datang lebih awal dan berada di pintu masuk untuk berjabat tangan sekaligus memantau setiap peserta didik terutama dalam hal kedisiplinan dan kerapian. Beliau juga memiliki komitmen yang tinggi untuk mencerdaskan setiap peserta didik tanpa pandang bulu.
Kepribadian dan komitmen inilah yang menghantarkan beliau menjadi “Juara III Guru Teladan Tingkat Provinsi” pada tahun 1996, yang pada akhirnya meraih karir yang cukup cemerlang sebagai Kepala Sekolah sampai saat ini.
Dalam melaksanakan tugas sehari-hari beliau dibantu oleh kerja tim yang solid, berdedikasi tinggi, dan bertanggungjawab. Dengan pembagian tugas sebagai berikut :
Wakasek       :           Abdul Madjid Elyas, S.Pd
Ur. Kurikulum         :           Rudi Sumanto, S.Pd
Ur. Sarpras   :           Sunarjo, S.Pd
Ur. Humas    :           Rimun, S.Pd
Ur. Kesiswaan         :           Baliman Santosa, S.Pd
Ass. Ur. Kesiswaan :           Wahid Muharom, S.Pd.I
Serta seluruh Bapak/Ibu Guru dan karyawan/karyawati SMP Negeri 2 Barat.

Dalam perjalanannya SMP Negeri 2 Barat terus berbenah, baik fisik maupun non fisik. Secara fisik SMP Negeri 2 Barat belum lama ini telah memiliki ruang Laboratorium Bahasa, dan Ruang Multi Media yang cukup nyaman dan representatif untuk peningkatan kualitas peserta didik. Beberapa penghargaan telah diperoleh dalam bidang akademik maupun non akademik. Kenyataan ini sejalan dengan visi misi SMP Negeri 2 Barat.




Visi dan Misi SMP Negeri 2 Barat

Visi : Cerdas, cakap dan berbudaya berbasis Iptek dengan  dasar iman dan taqwa, Visi ini kemudian diterjemahkan dalam Misi sekolah dengan cara :
Mewujudkan kurikulum satuan pendidikan yang adaptif dan pro aktif berdasarkan standar isi Kurikulum dalam SNP;
Mewujudkan proses pembelajaran yang inovatif, variatif, menyenangkan dan berbasis teknologi;
Mewujudkan kompetensi lulusan yang cerdas dan cakap di bidang organisasi, olah raga, seni dan ketrampilan;
Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan profesional yang sesuai peraturan undang-undang;
Mewujudka sarana dan prasarana pendidikan yang selalu dinamis berbasis Iptek dan mendukung proses belajar mengajar;
Mewujudkan sekolah yang memiliki manajemen sesuai dengan kemajuan Iptek;
Mewujudkan budaya sekolah yang santun dan lingkungan sekolah yang santun dan lingkungan sekolah yang rindang, bersih, dan nyaman;
Mewujudkan ragam model penilaian yang dilaksanakan dengan konsisten.

Kurikulum
Sejak tahun 2004-2005, Kelas VII SMP Negeri 2 Barat telah menggunakan Kurikulum Standat BSNP yaitu Kurikulum 2006 KTSP, sedangkan kelas II dan kelas III passing out kurikulum 1994. Pada pelajaran 2009-2010 seluruh kelas VII, VIII, IX telah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jumlah jam pelajaran tiap minggu di smp Negeri 2 Barat sebanyak 36 jam pelajaran dengan alokasi waktu tiap pelajaran 40 menit. Hari belajar efektif dari senin sampai sabtu dengan waktu belajar dari pukul 07.00-12.00 WIB. Kecuali hari jum’at dan sabtu.
Di luar jam efektif di atas, SMP Negeri 2 Barat memiliki program ;
Penanaman unggah ungguh, sopan santun dan budi pekerti luhur dengan mewajibkan peserta didik menggunakan bahasa daerah jawa (krama) dalam berkomunikasi pada setiap hari rabu.
Mahir berbahasa asing, dengan mewajibkan seluruh warga sekolah berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris pada hari sabtu.
Pramuka dan PMR yang dilaksanakan setiap jum’at sore.
Penggalian minat dan bakat dalam extra kurikuler elektro, sablon, mading, puisi, seni baca AL-Qur’an/Qira’ah, catur, tata busana, tata boga, seni karaitan, seni tari, seni musik, hadrah, bola volly, bulu tangkis dan tenis meja.
Pendalaman materi untuk kelas IX, 3 kali dalam satu minggu pada ke 0.
Keimanan dan ketaqwaan, dengan memberi lembar tugas “Lentera” (Lembaran Tugas Materi Aqidah, Ibadah dan Al-Qur’an) berisi materi seputar aqidah, ibadah (baca wajib holat, dzikir setelah sholat) dan Al-Qur’an. (10 surat-surat pendek) yag harus dikuasai oleh peserta didik. Peserta didik menghafal di hadapan pembimbing untuk dievaluasi. Pembimbing adalah guru PAI dibantu sebagian ta’mir Mushola Baitur Rahman. Program ini sementara ditujukan untuk kelas VII yang dilaksanakan. Sebelum dan sesudah jama’ah sholat dhuhur atau pada waktu-waktu yang memungkinkan, tanpa mengganggu jam efektif yang telah ditentukan.

Fasilitas

Dalam rangka mendukung kesuksesan proses belajar mengajar, SMP Negeri 2 Barat melengkapi diri dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap yaitu :
Gedung yang berlantai 2 seluas 105 m2 yang difungsikan sebagai :
Laboratorium Bahasa full AC, dilengkapi 40 meja beserta perlengkapan Listening Recording dan speaking.
Perpustakaan, dengan koleksi buu pelajaran/paket, buku-buku referensi dalam bidang agama, seni budaya, sastra dan wirausaha serta menjalin kerjasama dengan perpustakaan Kabupaten Magetan. Perpustakaan Kabupaten Magetan memberikan pinjaman / mengirim buku-buku yang dibutuhkan Sekolah dan 2 bulan sekali.
Ruang multi media, yang dilengkapi dengan LCD, layar Projektor, Tape Recorder, VCD, DVD Player, TV 15”.
Ruang guru tang terletak di tengah lokasi sekolah memudahkan pengawasan terhadap peserta didik.

Mushola Baitur Rahman seluas 81 m2 sebagai pusat kegiatan keagamaan sekaligus bengkel ibadah bagi peserta didik, diantaranya : Peringatan hari besar Islam Isra’ Mi’raj, Maulid Nabi, sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban, dzikir dan do’a bersama jelang UAN-UAS, jamaah sholat dhuhur 2 kali dalam  satu minggu secara bergantian.
Ruang Karawitan, dengan seperangkat gamelan slendro.
Ruang Seni Tari, yang dilengkapi dengan 3 buah kaca cermin, tape recorder, dll.
Ruang Ketrampilan, beserta kelengkapan alatnya.
Koperasi Sekolah, yang menyediakan kebutuhan peserta didik.
Ruang Osis, sebagai wahana pelatihan dini dalam berorganisasi secara mandiri untuk bekal hidup di masyarakat.
Halaman depan seluas 526 m2  yang difungsikan sebagai lapangan upacara, olahraga Basket, senam dan tenis meja.
Halaman belakang, terdapat lapangan olah raga bulu tangkis, sepak takraw, lompat jauh dan
3 kantin untuk tempat jajan para peserta didik masing-masing seluas 20 m2.

Selain fasilitas di atas, SMP Negeri 2 Barat juga melengkapi diri dengan taman bunga yang tertata rapi di depan tiap kelas, sebagai upaya mengurangi pemanasan global sekaligus menciptakan suasana sejuk dan nyaman di lingkungan sekolah.

Prestasi SMP Negeri 2 Barat
Tingginya komitmen para guru dan kesungguhan para peserta didik dalam belajar, sesuai dengan motto sekolah ini, “Kerja Keras Tanpa Disuruh, Disiplin Tanpa Diawasi” serta lengkapnya fasilitas Sekolah menjadikan SMP Negeri 2 Barat sebagai salah satu Sekolah Standar Nasional (SSN) di Kabupaten Magetandengan tingkat kelulusan 100% pada tahun pelajaran 2008/2009 dengan nilai rata-rata 8,7 untuk tiga mata pelajaran. Tidak mengherankan jika Sekolah ini merupakan Sekolah kebanggaan warga masyarakat Barat. Terbukti dengan tingginya animo masyarakat pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah pendaftar 304 pendaftar. Jumlah tersebut jauh melebihi pagu yang telah ditentukan yaitu 192 peserta didik. Prestasi Bapak/Ibu guru SMP Negeri 2 Barat.
13 Guru telah dinyatakan lulus sertifikasi;
2 guru mendapatkan Beasiswa Unggulan Depdiknas Program Sanwich S-2 Menejemen Pendidikan di Universitas Malang, sekarang dalam proses penyelesaian tesis;
Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Inovasi Pembelajaran Tikom Tingkat Jawa Timur Tahun 2006;
20 besar Lomba Kreasi Model Pembelajaran PAI SMP Tingkat Nasional Tahun 2008.

Adapun prestasi yang telah diraih siswa – siswi SMP Negeri 2 Barat :
Juara Harapan II Lomba Karya Tulis Perkoperasian Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2005;
Juara I Ganda Putra Bulu Tangkis SMP/MTs Porseni Kabupaten Magetan tahun 2006;
Juara I Lomba Perawatan Keluarga Palang Merah Remaja Tingkat Madya se-Kabupaten Magetan tahun 2007;
Juara Harapan II Lomba Visualisasi Drma Fregmen sejarah tahun 2007 Kabupaten Magetan;
Juara I Lomba PBB antar SMP/MTs se-Kecamatan Barat tahun 2008;
Juara III Cabang Atletik Lari 100 m. Putra tingkat SMP se-Kabupaten Magetan tahun 2008;
Juara III Bulu Tangkis Senggel Putri tingkat SMP se-Kabupaten Magetan tahun 2008;
Juara II Renang 100 m Gaya Bebas Putra tingkat SMP se-Kabupaten Magetan;
Juara II Tenis Meja katagori umum se-Kecamatan Barat tahun 2008;
Juara Harapan I Seni Hadrah SMP/MTs se-Kabupaten Magetan tahun 2008;
Juara Harapan I Putra Seleksi Lari JATIM SPRINT I Kabupaten Magetan tahun 2009
Juara III Siswa Berprestasi Tingkat Kabupaten Magetan tahun 2009;
Juara I Lomba Menyanyi Lagu Perjuangan antar SMP/MTs se-Kecamatan Barat tahun 2009.

Semoga apa yang teah dicapai SMP Negeri 2 Barat dapat dipertahankan dan dapat mengalami peningkatan dalam setiap bulannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar